Jenis Pelayanan


Bengkel Mobil Anugrah Agung menyediakan layanan sebagai berikut :

1. Tune Up

Mobil Anda tidak bertenaga/loyo? atau bahan bakar boros? atau sudah tidak nyaman kondisinya saat dipakai meskipun jarak dekat? waktunya mengembalikan tenaga mesin Anda dengan Tune Up. Tune Up dapat mengembalikan kondisi kendaraan menjadi fit kembali, mengapa bisa seperti itu?
karena pada saat tune up filter udara dan filter bensin/solar, busi, klep, timing belt, karburator akan di bersihkan, atau bahkan mungkin diganti jika kondisinya sudah terlalu banyak kotoran.



2. Overhoule / turun mesin ( diesel dan bensin )

Jangan salah langkah dan ngambil keputusan buat turun mesin alias servis besar. Terutama pas ada tawaran langsung dari bengkel. Pemilik kendaraan harus mengerti patokan dasar mengapa mesti turun mesin. Maksudnya, tentu masalah anggaran, karena turun mesin anggarannya tidak sedikit.

Ciri yang biasanya timbul adalah mendadak asap ngebul waktu kendaraan dijalankan, selain itu bisa jadi ada kelainan saat kendaraan melakukan servis berkala, dan faktor usia pakai kendaraan juga bisa membuat komponen aus.

Ada beberapa poin yang harus diketahui konsumen saat bongkar mesin, diantaranya cek sekitar ruang bakar, seandainya tidak ditemukan setelah lepas blok, pastinya belah mesin. Mungkin aja bearing crankshaft aus karena usia pakai.

Berikut beberapa gejala untuk mengetahui kapan saatnya harus bongkar mesin :

Pertama adalah putaran mesin seperti tertahan alias ngeden. Mesin tidak mau diajak berakselerasi saat gas dipelintir. Kalau sudah begini, tangan jadi gampang pegal atau malah kapalan.

Berarti pasokan bahan bakar tidak mengalir maksimal ke ruang bakar. Kemungkinan ada penumpukan kerak di silinder head. Bersihkan kepala silinder dari kerak. Sementara klep harus diskir.

Gejala di atas biasanya ditandai mesin susah hidup di pagi hari atau ketika pertama menghidupkan. Ini gejala awal sebelum mesin nyala. Setelah hidup, masalah yang muncul akan sama seperti di atas.

Ada asap dari knalpot. Ini juga gejala kompresi bocor, selain keluar asap, mesin juga susah diajak langsam dan sering mati sendiri. Blebek...blebek... Masalah kayak gini bisa dirunut penyakitnya. Ring piston mesti ganti karena usia, paking blok silinder aus, atau sil klep bocor lantaran sobek.



3. Ganti oli

Untuk keperluan tertentu pada bagian mobil, oli dikembangkan dan disesuaikan untuk menjalani fungsinya. Oli sendiri akhirnya terbagi-bagi dalam beberapa jenis. Ada 5 jenis oli pada mobil yang sudah seharusnya rutin dan di cek untuk segera diganti dengan oli baru, yaitu :

Oli Mesin.
Oli mesin ini dibagi atas tiga jenis oli, yaitu oli mineral, semi sintetik dan full sintetik. Oli mineral adalah oli berbahan minyak bumi (based oil), untuk oli semi sintetik adalah oli yang dibuat dari perpaduan antara oli mineral dan sintetik, sedangkan oli full sintetik dibuat dari bahan murni oli sintetik yang dikembangkan untuk pemakaian yang lebih tahan lama didalam mesin mobil.

Pada oli mesin kekentalan penggunaan telah di tetapkan dengan SAE (Society Automotive Engineers) untuk iklim indonesia yang berada di wilayah tropis menggunakan 15W-30 sampai 20W/50 Sedangkan mutu atau kualitas disimbolkan oleh API (American Petroleum Institute), ditandai dengan huruf besar. Untuk jenis mobil bensin biasanya menggunakan huruf S (service/spark) sedangkan pada bensin menggunakan huruf C (comercial).

Penggantian oli mesin umumnya diukur dari jarak tempuh per kilometer mobil. Oli mineral dapat digunakan maksimal sampai 7000 km dan oli sintetik dapat di gunakan sampai 10.000 km, tetapi sebaiknya melakukan penggantian oli yang telah ditetapkan oleh pihak pabrikan atau ATPM yaitu umumnya 5000 km, agar kondisi mesin tetap prima.

Harga oli mobil per ukuran galon yang ada di pasaran berkisar antara Rp. 115.000,- hingga Rp. 300.000,- belum termasuk jasa penggantian. Jadi persiapkan agenda rutin mengganti oli mesin mobil sebelum komponen mesin mengalami kerusakan, caranya dengan mencatat kilometer awal padasaat menggunakan oli yang baru.


Oli Transmisi.
Penggunaan oli juga dipakai dalam transmisi kendaraan. Khusus untuk ini, telah dikenal ada dua jenis oli transmisi yaitu untuk transmisi manual dan matik, penggunaan oli-pun tentu berbeda. Oli transmisi manual dapat digunakan sampai 10.000 km, itu artinya oli bisa digunakan sampai sejauh 10.000 km dalam keadaan jalan, belum termasuk dalam kondisi macet atau tiap enam bulan sekali.

Pada oli khusus matic, sebaiknya lakukan penggantian setiap kelipatan 20.000 km. Bicara soal harga oli transmisi yang saat ini adalah sekitar Rp. 30.000,- hingga Rp. 60.000 untuk transmisi manual, sedangkan harga oli untuk transmisi matik sekitar Rp. 70.000,- hingga Rp. 250.000,- .


Oli Gardan.
Secara umum penggantian oli gardan biasanya dilakukan bersamaan dengan oli transmisi, Gantilah oli gardan secara rutin setiap 20.000 km, dan gunakan nilai kekentalan pelumas sesuai yang dianjurkan produsen kendaraan. Harga oli gardan yang ada di pasaran adalah sekitar Rp. 30.000,- hingga Rp. 60.000,-


Oli / Minyak Rem.
Seperti halnya oli mesin, minyak rem ini juga ada grade-nya seperti halnya SAE dan API, yang dinyatakan dalam satuan DOT(Department Of Transportation). DOT adalah nilai titik didih dari minyak rem dalam meredam panas akibat pengereman, semakin rendah angka DOT kemampuan meredam panasnya juga kecil. Biasanya minyak rem DOT 3 yang umum digunakan untuk kendaraan harian, sementara DOT yang tinggi seperti DOT 5 dipergunakan untuk kendaraan lomba.

Dipasaran ada DOT 3, DOT 4, dan DOT 5. Makin tinggi angka DOT-nya, makin rentan terhadap masa pakai. Kalau grade-nya DOT 3, tidak ada masalah pada masa untuk sistem rem, minyak rem itu harus diganti minimal setelah kendaraan digunakan setahun. Kalau DOT-nya lebih tinggi, DOT 5 umpamanya, maka waktu penggantiannya dapat lebih singkat.


Oli / Minyak Power Steering.
Pada perangkat power steering tak luput dari penggunaan oli. Oli pada powersteering digunakan sebagai pompa hidraulik sehingga meringankan pengguna kendaraan mobil untuk menggerakan pengendali stir mobil.

Oli pada power steering penggantiannya kurang lebih sama dengan penggantian minyak rem. Biasanya dilakukan penggantian ulang/menguras setiap 25.000 km atau sekitar dua tahun dari pemakaian awal mobil. Harga oli yang ada dipasaran adalah sekitar Rp. 30.000,- sampai Rp. 70.000,-.



4. Pasang / service AC mobil

Pemasangan baru atau second AC Mobil, Single/Double Blower, Service AC Mobil, Perbaikan instalasi AC mobil dengan menggunakan sparepart DENSO & SANDEN. Untuk setiap service dan pemasangan kami memberi `GARANSI`.
Jangan segan-segan menghubungi kami, untuk konsultasi masalah ac mobil anda.



5. Pemasangan Audio Mobil ( TV, Tape, DVD, CD )

Terima pemasangan, instalasi, pembelian, service segala jenis audio mobil.

Kami akan memberikan produk yang terbaik untuk anda agar anda merasa puas dengan hasil kerja kami, karena kepuasan anda merupakan kebanggan untuk kami. Walaupun kemi memiliki kualitas terbaik untuk anda tetapi soal harga, kami akan memberikan harga yang cukup bersaing untuk anda



6. Pemasangan Kaca Film Mobil


7. Penjualan Asesoris, Spearpart, dan Pelumas/Oli Mobil

Penjualan spearpat mobil yang disediakan adalah toyota, suzuki, daihatsu, dan merk mobil lainnya dari mulai parfum kendaraan, spion, stir mobil, lampu, wifer, condensor, busi, filter oli, filter udara, oli mesin, oli gardan, air radiator, dsb.


Untuk lebih jelasnya Anda dapat mengunjungi langsung Bengkel Mobil Anugrah Agung.